6/07/2013 07:32:00 am
0
Anda tentu sering membaca berbagai petunjuk tentang cara belajar yang baik atau  efektif.Saking banyaknya nasihat cara belajar dari berbagai sumber, Anda tentu menjadi bingung ketika harus memilih cara mana yang akan Anda ikuti. Sebelum menentukan cara belajar mana yang efektif  buat Anda ada baiknya Anda perhatikan beberapa saran berikut ini.

  1. Mengenali Gaya Belajar
        Setiap orang mempunyai kemampuan yang berbeda-beda dalam belajar. Coba  renungkan, apakah Anda mudah memahami  sesuatu melalui visual, verbal, kinestetik. Jika Anda mudah memahami sesuatu secara visual, perbanyak cara belajar menggunakan bantuan gambar-gambar.Jika Anda mudah memahami  sesuatu dengan cara verbal perbanyak cara belajar dengan membaca dan mendengarkan. Sementara itu, jika Anda merasa mudah belajar dengan cara berbuat atau melakukan sesuatu berarti Anda tipe kinestetik. Ingat !!! Jangan memaksakan diri dalam memilih cara belajar, evaluasilah diri Anda sendiri. Kamulah yang menentukan efektif atau tidaknya suatu cara belajar, bukan orang lain.
  2. Berlatih Konsentrasi
        Konsentrasi merupakan hal yang penting dalam semua hal, tidak terkecuali dalam belajar.Dalam hal  belajar, bukan kuantitas akan tetapi lebih penting kualitas. Artinya Anda tidak harus mematok 2 atau 3 jam untuk mengakhiri belajar.Berkonsentrasilah dalam belajar sehingga dengan sedikit waktu Anda dapat memahami banyak materi pelajaran. Jika Anda dapat menuntaskan belajar Anda dalam waktu setengah jam, kenapa harus mematok waktu 2 sampai 3 jam untuk belajar ?

  3. Berpikir Positif
        Sebelum belajar, tanamkan dalam pikiran bahwa tidak ada sesuatu yang sulit jika kita mau mempelajarinya.Pikiran positif ini akan membangkitkan energi positifyang memacu sel-sel dalam tubuh kitadalam proses  belajar sehingga sel-sel otak  dapat bekerja  dengan baik.Tanamkan dalam pikiranmu: Aku pasti bisa !
  4. Belajar secara Kontinyu
        Ada pepatah menyatakan : sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Pepatah itu masih sangat relevan dengan keadaan saat ini.Anda tidak akan mendapat hasil memuaskan dalam ulangan ketika menggunakan cara belajar SKS (Sistem Kebut Semalam).Ingat memori otak kita tidak dapat merekam sekaligus dalam jumlah banyak, tetapi sedikit demi sedikit dan kontinyu.Untuk itulah belajarlah secara rutin, alokasikan waktu yang cukup untuk belajar.

  5. Membuat  Catatan Singkat
       Buatlah catatan singkat  untuk mempermudah mengingat suatu materi.Gunakan daya kreasi Anda sendiri dalam membuat ringkasan.Misalnya saja berupa diagram alir, skema, atau berupa poin-poin dari suatu materi, sehingga mudah diingat.

  6. Berdoa Sebelum dan Sesudah Belajar
       Anda sebagai manusia beriman tentu sangat menggantungkan semuanya kepada Tuhan.Manusia wajib berupaya, tetapi Tuhanlah yang menentukan hasilnya.Anda harus optimis bahwa doa Anda pasti dikabulkan, asal Anda sudah berusaha dengan sungguh-sungguh.Jadi jangan lupa selalu berdoa sebelum dan sesudah belajar.